Puluhan UMKM Ikuti Bimtek Manajemen Keuangan

puluhan-umkm-ikuti-bimtek-manajemen-keuangan

Sebanyak 75 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari berbagai komoditise-Kota Bogor ikuti bimbingan teknis (bimtek). Acara yang digagas Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor ini berlangsung di Graha Pool, Jalan Merdeka, Selasa (20/9/2016).

Kepala Bidang UMKM pada Diskop dan UMKM Kota Bogor Sri Wahyuni mengungkapkan, kegiatan bimtek pertama ini digelar dalam rangka meningkatkan peran Diskop dan UMKM dalam membina para pelaku usaha di Kota Bogor. Terutama untuk pelaku UMKM binaan Diskop dan UMKM. “Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun dengan dana dari APBD,” ujarnya.

Yuni menyebutkan, selama dua hari peserta perwakilan dari berbagai komoditi seperti kerajinan, pangan, aksesoris dan handycraft diberikan pelatihan manajemen keuangan. “Materi ini kami pilih karena berdasarkan kajian di lapangan ternyata yang dibutuhkan para pelaku UMKM adalah manajemen keuangan,” kata Yuni. “Oleh karenanya kami memilih narasumber yang berkaitan dengan masalah ini yaitu dari LPPM Kesatuan dan BNI 46 Cabang Bogor,” imbuhnya.

Yuni menambahkan, digandengnya BNI 46 karena mereka mempunyai program untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tentunya dengan persyaratan dan agunan tertentu. “Dinas Koperasi dan UMKM hanya menjembatani saja,” jelas Yuni.

Terakhir Yuni berharap mudah-mudahan para peserta bimtek ini dapat menyerap materi yang disampaikan dan mengaplikasikannya di usahanya masing-masing. (Humas)

sumber: bogorpos.com

Leave a Reply