Dalam rangka “me-revitalisasi peran Anggota Satgasda dan Anggota KKMB Kaltim sebagai salah satu upaya mempercepat dan memperbesar peran serta pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam pembangunan perekonomian Kaltim, KBI Samarinda selaku Ketua Satgasda Pemberdayaan KKMB Kaltim pada tanggal 10 Desember 2007 menyelenggarakan rapat koordinasi Anggota Satgasda Pemberdayaan KKMB Kaltim. Rakor yang diadakan di KBI Samarinda tersebut diikuti undangan yang berasal dari Biro Perekonomian Setda. Propinsi Kaltim, BPM, Disperindagkop, Dinas Kelautan dan Perikanan, BKKBN Propinsi Kaltim, Pimpinan Bank Umum dan BPR, Kaltim Ventura, Kadin, PWI, dan Utusan Forum KKMB Kaltim.
Dalam rakor tersebut terungkap berbagai perkembangan terkait Satgasda KKMB sebagai berikut:

  1. KKMB Kaltim yang dibentuk melalui Pelatihan yang diselenggarakan oleh KBI Samarinda sebanyak 93 orang, terdiri dari: Angkatan-1 (2004) 23 orang, Angkatan-2 (2005) 23 orang, Angkatan-3 (2007) khusus KKMB Sektor Kelautan dan Perikanan 25 orang, dan Angkatan-4 (2007) 22 orang.
  2. Jumlah kredit perbankan yang disalurkan kepada UMKM atas pendampingan KKMB Kaltim sampai dengan Nopember 2007 sebesar Rp 3.118.500.000,-. Dan, kredit sudah disetujui Bank namun belum dicairkan oleh debitur sebesar Rp 2.950.000.000,-.
  3. Beberapa kendala yang dihadapi Satgasda Pemberdayaan KKMB dan Anggota KKMB Kaltim antara lain:
  • Jumlah KKMB aktif yang telah berhasil mengakseskan UMKM terhadap kredit perbankan masih sedikit;
  • Forum KKMB yang telah terbentuk belum memiliki Kantor/Ruang Sekretariat untuk mendukung aktivitasnya dalam memberikan konsultasi kepada UMKM;
  • KKMB Kaltim belum begitu dikenal dan belum begitu diakui keberadaannya baik di kalangan Perbankan ataupun Pemda/Dinas terkait;
  • Anggota Satgasda Pemberdayaan KKMB Kaltim belum berperan aktif untuk mendorong optimalisasi fungsi KKMB;
  • Belum adanya dukungan anggaran yang berasal dari APBD Kaltim untuk mendukung kegiatan Satgasda Pemberdayaan KKMB sebagaimana amanat SK. Gubernur Kaltim No: 580/K.80/2004, tanggal 12 April 2004 tentang Pembentukan SATGASDA Pemberdayaan KKMB.

Guna mendukung optimalisasi fungsi KKMB Kaltim, yang selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan akses UMKM terhadap kredit perbankan, rapat menyepakati hal-hal sebagai berikut:

  1. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim menyatakan komitmennya untuk menyediakan Ruang Sekretariat Forum KKMB sebagai “Sentra Komunikasi/ Konsultasi UMKM”, di Lantai 4 Kantor Pusat BPD Kaltim mulai Triwulan-1 2008;
  2. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Satgasda Pemberdayaan KKMB Kaltim dan Sekretariat Forum KKMB, untuk tahun 2008 dan seterusnya Biro Perekonomian akan mengupayakan dana yang bersumber dari APBD Kaltim;
  3. Perlu tindak lanjut berupa rapat khusus untuk membahas restrukturisasi organisasi Satgasda Pemberdayaan KKMB Kaltim;
  4. Upaya pengenalan lebih lanjut Anggota KKMB kepada stakeholder akan dilakukan dalam bentuk : Sosialisasi, registrasi & legalisasi Anggota KKMB, legalisasi fee KKMB, dan lain-lain.

Terobosan pola rekrutmen dalam Pelatihan KKMB Nopember 2007 dan kesepakatan Rakor Satgasda KKMB
Kaltim 10 Desember 2007, merupakan ”napas dan energi baru” yang memacu semangat dan optimisme
KKMB Kaltim memasuki tahun 2008 untuk berkiprah dan mencapai kinerja yang lebih baik lagi.